Sabtu, 04 November 2017

Sentra Kain Batik Madura

Mengenal Batik Paseseh


Paseseh merupakan salah satu desa di Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.
Apa sih keunikan Desa Paseseh?
Keunikan Desa Paseseh yaitu hampir semua perempuan di Desa Paseseh memiliki keahlian membatik , ibu - ibu maupun remaja wanita di Desa Paseseh menghabiskan waktu luang mereka dengan kegiatan membatik , selain untuk menambah penghasilan kegiatan membatik juga sebagai salah satu kegiatan turun - temurun dari nenek moyang mereka.
Kecintaan mereka terhadap batik sepertinya tidak perlu diragukan lagi , hampir setiap gang desa yang saya susuri terlihat ibu - ibu sedang sibuk memegang kain putih ( mori) sembari mencelupkan canting mereka ke dalam malam. Salah satu wawancara yang saya lakukan adalah dengan pemilik Galeri Batik Barokah , Ibu Marhati , beliau mengatakan dirinya sangat cinta terhadap kain batik , hingga memutuskan untuk membuka usaha sebagai agen kain batik  dan meninggalkan profesinya sebagai guru bahasa inggris ( eitzz, tapi bukan berarti pendidikan gak penting ya guys). Beliau mempekerjakan ibu - ibu rumah tangga untuk semua kain batik yang ia jual.


Mungkin batik Madura masih terasa asing ditelinga bila disandingkan dengan batik Solo atau Pekalongan , tapi sebenarnya batik Madura tidak kalah bagusnya dari batik - batik yang ada di Indonesia , dari segi motif batik Madura juga sangat bervariasi dan bersaing , bahkan satu kain batik bisa dijual dengan harga yang fantastis.


Batik - batik yang dikerjakan oleh ibu - ibu rumah tangga disini juga dipasarkan hingga ke luar negeri melalui pameran - pameran yang sering diselenggarakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dari Teras Rumah KKN 106 UTM Adakan Sosialisasi Pengolahan Singkong

Dari Teras Rumah KKN 106 UTM Adakan Sosialisasi Pengolahan Singkong Kuliah Kerja Nyata atau KKN selalu menjadi agenda wajib setiap tahun...