Kamis, 15 Maret 2018

Qlapa.com : Rumahnya Produk Handmade Indonesia





        Di era modernisasi saat ini perkembangan di bidang teknologi semakin canggih, terutama di bidang digital. Kemajuan teknologi di bidang digital turut pula membawa dampak positif di bidang ekonomi, yaitu dengan munculnya e – commerce atau ekonomi digital. Ekonomi digital merupakan trend ekonomi baru saat ini, dimana transaksi ekonomi dilakukan dan dibuat secara online. Dengan adanya sistem ekonomi digital telah melahirkan berbagai situs jual beli online yang menawarkan berbagai jenis barang maupun jasa kepada para konsumen.

      Hadirnya berbagai situs jual beli online tentu tidak terlepas dari berbagai kebutuhan dari masyarakat maupun konsumen. Di mana dengan perkembangan zaman saat ini kebutuhan masyarakat maupun konsumen semakin beragam, tidak saja sebatas pada kebutuhan primer saja melainkan juga berbagai jenis – jenis kebutuhan yang lain, seperti contoh kecil kebutuhan yang tidak terduga adalah pada saat akan menghadiri undangan ulang tahun teman, tentu kita tidak akan datang dengan tangan kosong pasti kita mau tidak mau akan membeli sesuatu sebagai hadiah atau kado ulang tahun, tentu kita ingin memberikan sesuatu yang membuatnya senang. Selain itu dalam memilih maupun membeli sesuatu tentu kita sebagai konsumen ingin yang terbaik dan kadang – kadang bernilai ekslusif, seperti barang tersebut memiliki nilai seni tinggi, terbuat dari bahan alami atau kita ingin barang – barang tersebut dikerjakan dengan tangan oleh pengrajin.

      Untuk menemukan produk – produk yang demikian, kini di Indonesia telah hadir situs jual beli online yang menjual produk - produk handmade dari para pengrajin di seluruh Indonesia yaitu Qlapa.com. Di situs Qlapa.com pembeli dapat membeli produk handmade untuk berbagai keperluan langsung dari pembuatnya yang berasal dari seluruh Indonesia. Melalui Qlapa.com pembeli dengan mudah akan menemukan produk – produk unik buatan pengrajin dari seluruh Indonesia, mulai dari tas kulit, baju , sepatu, plerabot rumah tangga, dompet kulit,  furnitur hingga assesoris unik lainnya. Selain itu pemesanan juga bisa dilakukan secara custom dengan pengrajin yang menjual produknya sesuai selera konsumen dan pembeli juga bisa melihat profil seluruhnya dari penjual beserta katalog online yang dimiliki oleh penjual.

Tidak hanya asal menjual berbagai poduk lokal dari pengrajin Indonesia, namun Qlapa.com juga menjamin keamanan dan kenyamanan setiap transaksi yang dilakukan oleh para pembeli dengan menggunakan sistem yang diotomatisasi dan menggunakan rekening bersama, sehingga pembeli dapat bertransaksi dengan mudah tanpa takut terjadi penipuan maupun hal – hal yang tidak diinginkan.

Walaupun mengandung banyak unsur tradisional namun produk – produk yang ada di Qlapa.com selalu mengikuti arus modernisasi sehingga tidak terkesan kuno maupun ketinggalan zaman. Pembeli dapat menyesuaikan berbagai kebutuhan melalui fitur – fitur yang disediakan di Qlapa.com , mulai dari memilih jenis kelamin agar tersaring produk – produk yang dikhususkan untuk wanita atau pria atau menggunakan saringan untuk memilih produk pilihan sesuai dengan warna, harga maupun relevansi.

Selain mudah menemukan berbagai produk handmade Indonesia melalui Qlapa.com, berbelanja produk handmade Indonesia merupakan salah satu cara kita untuk melestarikan produk – produk lokal Indonesia, dengan begitu kita akan mencintai produk – produk buatan anak negeri yang tidak kalah dengan produk – produk asing buatan luar negeri, sehingga dengan dukungan kita para perajin di seluruh Indonesia dapat meningkatkan kualitas produk – produk mereka agar bisa dikenal dan bersaing di pasar global.

2 komentar:

Dari Teras Rumah KKN 106 UTM Adakan Sosialisasi Pengolahan Singkong

Dari Teras Rumah KKN 106 UTM Adakan Sosialisasi Pengolahan Singkong Kuliah Kerja Nyata atau KKN selalu menjadi agenda wajib setiap tahun...